Indonesia Young Changemakers Summit 2012

Indonesia Young Changemakers 2012.

Setelah mengikuti kegiatan yang di laksanakan oleh salah satu NGO yang bergerak di bidang Global Peace and Leadership yaitu Global Peace Festival (GPF) di bogor desember 2011 lalu. Kembali saya dinyatakan lolos menjadi satu diantara 99 peserta di Indonesia Young Changemakers Summit 2012 di bandung,kali ini di program kepemudaan ini saya sebagai salah satu delegasi dari NTB sebagai observer.
Conference ini sendiri di ikut oleh 200 pemuda dari seluruh indonesia,dimana ada 100 peserta changemakers dan 100 peserta observer. Changemakers ini sendiri sudah membuat suatu perubahan nyata dengan passion masing-masing dan be inspiring for the other people. Kami yang observer itu di harapkan nantinya bisa mengambil ilmu dan belajar dari para chagemakers but at least kami yang observer baru mulai merintis apa yang disebut dengan “Perubahan” itu.
Observer before goes to GAA

Apa saja kegiatan-kegiatan di Indonesia Young Changemakers ini?

Ada banyak kegiatan yang inspiratif selama kegiatan ini berlangsung,almost everyday we got conference dan itu di tempat yang berbeda-beda,kegiatannya itu sendiri berlangsung selama 3 hari.yaitu dari tanggal 11-13 Februari 2012.
11 Februari 2012.
Di hari pertama ini lumayan capek,itu karena perjalanan dari bandara soekarno hatta menuju bandung lumayan lama about 5 hours lahh itu plus macet waktu sampai di bandung,bayangkan saja start dari soetta pukul 11.00 wib nyampe di bandung pukul 17.00 wib,ohh gosh!what a jet lags..
Nyampe di penginapan langsung pada tepar,nah kebutulan saya satu kamar dengan delagasi dari makassar yang salah satunya saya sudah kenal waktu ada conference di Bogor,jadi lumayan akrab lah. Istirahat sebentar di penginapan panitia sudah menghibau untuk segera bersiap-siap untuk welcoming ceramony  bareng peserta dan steering committe, dan tepat pada pukul 18.00 wib para peserta yang tergabung sebagai 100 observer berkumpul di hall untuk segera naik ke bus masing-masing yang sudah dibagi sebelumnya.
"Saung Angklung UDJO"
Kami dengan dress code casual langsung berangkat menuju tempat kesenian angklung yang atraktif,yang merupakan komunitas musik yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. SAUNG ANGKLUNG UDJO,itulah tujuan pertama sebagai tempat welcoming ceramony untuk all of participants and delegations were gethering. Saya yang pertama kali kesana sangat terkesan, “AWESOME” buanggeett,,,(these not porky pie),harmony musik dari bambu itu sangat catchy,cozy dan i can not say anything else lahh,sambil menikmati dinner dengan menu khas sunda,menambah suasana I am at the other island not in Lombok,exactly! Hahaha,, rasa capek berjam-jam di bus dan macet terbayar oleh harmony musik “Saung Angklung Udjo”.

Hari kedua

12 Februari 2012

Di hari kedua ini,panitia memberikan kejutan untuk para changemakers dan observer di pagi hari,so what? Begini guys,panitia ngebangunin para peserta pagi-pagi itu pukul 5.00 wib,what for? Kita bakal pergi berolahraga pagi di lapangan Sabuga,Bandung. Ohh god!pagi banget. Salah satu observer bilang kalau Menteri BUMN Dahlan Iskan sudah menunggu kita di lapangan. Pak Dahlan Iskan is one of minister who has high intigrity and humble with the people. So,it is chance to meet and ask all the things to him.
Exercise with Minister of BUMN Mr. Dahlan Iskan.

itulah yang saya pikirkan saat itu. Saya pun punya kesempatan itu,bertanya tentang kebijakan pemeritah terhadap perkembangan ekonomi di daerah-daerah yang belum tersentuh. Pak dahlan iskan begitu sangat sederhana dan apa adanya,sosok pemimpin yang benar-benar bijaksana.
Pada hari kedua ini ternyata bukan hanya di Sabuga saja kejutan itu kami dapatkan,kejutan akan edukasi pengalaman dan tentunya hal-hal baru kami dapatkan ketika dari pukul 08.00 wib sampai 21.00 wib kami dapatkan di Gedung Asia Afrika,sebelum conference dan mendengar materi-materi dari para pemateri kami tour the museum terlebih dahulu dimana ada volunteer yang guide selama mengunjungi benda-benda bersejarah di Museum Merdeka tersebut.
Museum Merdeka,Bandung.

setelah mendapat history education di Museum Merdeka kami para changemakers dan observer langsung menuju hall Gedung Merdeka yang merupakan tempat yang sangat bersejarah tersebut,di sana Orcestra OSBS sudah mengalunkan harmoni musik yang seolah-olah mengantarkan saya ke suatu pertunjukan seni yang luar biasa megahnya,di Hall Gedung Merdeka sudah siap bisa di bayangkan orang-orang hebat berkumpul disana,layaknya pahlawan-pahlawan kita yang mengulang sejarah kembali. Ya, tepat di podium hall terbentang “Indonesia Young Changemakers Summit 2012 (Sumpah Pemuda Jilid 2.0)”.

Mau tahu apa saja ilmu yang saya dapatkan di hari kedua IYCS 2012 ini, update terus ya di blogku http://agues-shaliem.blogspot.com.
Sampai jumpa di IYCS 2012 part II ya..:)
Salam perubahan...!!

Popular posts from this blog