Menikmati Lezatnya Kuliner Pantai Goa di Sumbawa Besar


Selain terkenal dengan adat dan budaya yang sangat khas dan tempat wisata yang beragam. Kabupaten Sumbawa juga menawarkan tempat menikmati kuliner yang begitu lezat. Pantai Goa yang berlokasi di Sumbawa Besar merupakan salah satu pantai yang menawarkan berbagai macam kuliner laut yang menggoyangkan lidah. Membutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan dari pelabuhan Poto Tano untuk mencapai tempat seru ini. Pantai Goa berlokasi sebelum sampai di jantung kota Sumbawa Besar. Kabupaten Sumbawa selain didiami oleh penduduk dari suku asli, suku lainnya seperti Sasak, Jawa, Bali dan Bajo menambah keragaman budaya yang dimilikinya. Sehingga tanpa mengurangi kekhas-an yang dimiliki daerah, justru hal ini membuat dinamika sosial semakin beragam.

Terletak tepat di pinggir pantai, membuat tempat ini pernah dijadikan sebagai gerbang keluar masuk para pendatang di pulau Sumbawa. Sehingga tidak heran suku pendatang dari daerah timur ikut menjadi bagian dari keragaman penduduk di daerah yang terkenal dengan peninggalan bersejarah berupa Istana Dalam Loka ini. Berawal dari sebuah perlayaran dan untuk berdagang lalu kemudian memilih menetap sebagai penduduk daerah setempat. Namun tidak sedikit dari mereka juga menetap di sini karena bertransmigrasi dan mengelola lahan pertanian. Kuliner yang para pengunjung bisa nikmati di pantai ini adalah berbagai macam menu masakan ikan laut. Ikan laut berupa cumi-cumi, udang, ikan kakap dan lainnya akan memanjakan lidah dengan berbagai macam bumbu sesuai dengan selera.

Menu masakan berupa ikan bakar, tumis dan ikan pedas bisa kita dapatkan di warung makan yang kita pilih. Di sini tersedia puluhan warung makan yang berdiri dengan rapi dan beruga’ (gajebo) sebagai tempat menikmati hidangan aneka kuliner yang telah kita pilih. Pemilik warung juga berasal dari berbagai macam daerah. Ada yang berasal dari Lombok, Jawa dan tak terkecuali penduduk asli Sumbawa. Setelah dinyatakan sebagai salah satu tempat wisata di kabupaten Sumbawa, Pantai Goa memiliki perhatian khusus


dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Sehingga agar pengunjung merasa nyaman dan semakin menikmati sajian kuliner yang ditawarkan, Pemkab menyediakan fasilitas penunjang wisata. Tak heran, Pantai Goa tak hanya dikunjungi oleh pengunjung dari daerah setempat saja, namun pengunjung dari daerah luar juga mampir untuk menikmati kuliner lezat di sini. Pada sore hari menjelang senja, pengunjung dari segala usia tengah asyik menikmati pemandangan pantai, baik sekedar berkumpul bersama dengan keluarga maupun untuk mengabadikan moment indahnya pemandangan matahari terbenam.

Sudah bisa dibayangkan betapa nikmat dan serunya bukan? Jadi apabila kalian mengunjungi pulau Sumbawa jangan lupa mampir di Pantai Goa terlebih dahulu. Karena tidak sah jika kita megunjungi pulau Sumbawa namun tidak mampir di tempat ini. Mengunjungi suatu daerah selain untuk mengetahui dan mempelajari kehidupan sosial dan budaya masyarakat setempat. Hal yang paling menarik untuk kita tahu adalah kelezatan kulinernya. Karena, kuliner merupakan salah satu identitas yang dimiliki oleh suatu daerah. 

Comments

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di blog saya

Popular posts from this blog

Masjid Jami Saleh Hambali Perkuat Keislaman di Bengkel

Tiga Spot Camping Seru di Sembalun

Menikmati Serunya Snorkeling di Gili Petelu