Menelusuri Tiga Pantai Berbatu di Lombok Tengah

Kawasan bermain di pantai memang tidak lepas dari pasir putih, ombak yang tenang dan perahu para nelayan yang menantang ombak dan batu karang. Begitu juga dengan kawasan pariwisata pantai yang ada di Lombok Tengah, begitu terkenal dengan pantai yang indah dengan struktur pasir yang disebut-sebut seperti merica. Kalau garis pantainya luas, kita juga akan semakin senang untuk berenang dan mungkin melepaskan ke”galauan”. 


Masalah hidup seperti ombak tepi pantai. Ia akan datang tapi pada saatnya ia akan pergi” -Harry Slyman-


Kali ini kita akan telusuri beberapa pantai yang telah saya kunjungi. Pantai yang memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang dan terdiri dari bebatuan. Apabila pengunjung melakukan aktifitas pantai seperti berenang tentu saja tidak representatif. Berikut pantai dengan keindahan alam yang menakjubkan di Lombok Tengah, namun bukan sebagai tempat untuk berenang ya guys.


Pantai-pantai tersebut di desa Prabu, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Kira-kira sekitar 2 kilo dari pantai Selong Belanak. Namun untuk menjangkau lokasi pantai ini, kita harus melewati jalan yang masih belum di aspal. Saat memasuki kawasan ini, kita harus membayar karcis masuk sebesar Rp. 5.000 kepada penjaga pintu masuk. Menurut informasi yang berhasil dihimpun dari masyarakat sekitar, kawasan wisata Semeti saat ini sedang di kembangkan oleh sebuah perusahaan. Di pantai ini akan dibangun hotel dan penunjang pariwisata lainnya.


Setelah memasuki pintu penjagaan, kita menulusuri lagi infrasturktur jalan yang lumayan mengharuskan kita untuk ekstra hati-hati untuk memilih jalan. Kira-kira dua kilo dari penjagaan maka kita akan menemukan persimpangan jalan. Kalau memilih arah kanan maka kita akan menuju pantai Mawi, sedangkan arah kiri menuju ke pantai Semeti, Telawas dan Munak.


“To the left, to the left everything you own in the box to the left” –Beyonce-

  1.    Pantai Semeti, desa Prabu, Lombok Tengah
 
Pantai Semeti terdiri dari dua spot pantai yang patut dikunjungi. Spot pertama yakni
Bebatuan di Pantai Semeti
memiliki garis pantai sekitar 700 meter, dengan pasir putih yang sangat indah. Sedangkan spot lainnya adalah area bebatuan yang tersusun sangat gagah dan indah. Namun, apabila air lautnya sedang tinggi jangan coba-coba untuk berenang. Karena dasar pantai ini terdiri dari bebatuan cadas dan coral yang cukup berbahaya. 
 2.Pantai Telawas, desa Prabu, Lombok Tengah 
Pantai Telawas
Pantai Telawas berlokasi tidak jauh dari pantai Semeti, namun kita perlu menelusuri beberapa petak kebun dan sawah warga setempat. Butuh waktu tempuh kira-kira 10 menit dengan berjalan kaki untuk kita sampai pantai Telawas ini. sesampai di pantai ini, kita seperti masuk kedalam dunia berbeda. Sebelumnya kita telah terbiasa melihat pantai dengan pemandangan lepas pantai, namun disini pandangan kita akan terfokus dengan bebatuan dan deru ombak yang menghantamnya. Susunan bebatuan itu menimbulkan pertanyaan tentang asal pembentukan bebatuan tersebut.

3. Pantai Munak, desa Prabu, Lombok Tengah 
Pantai Munak
Kalau pantai yang satu ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan pasir putih lembut yang menawan. Sebelum menemukan pantai ini kita harus sedikit melalui tebing pantai Telawas yang cukup terjal. Di pantai ini kita bisa melihat lautan lepas dengan ombak yang besar menerjang. Oleh karena itu, dipantai ini sangat tidak cocok untuk kita lakukan aktifitas seperti berenang karena dapat mengancam keselamatan nyawa kita.

Bagaimana, seru bukan? Ke pantai ini berarti kita melihat keagungan Tuhan yang luar biasa sambil menguji adrenalin kita ketika melewati beberapa spot terjal dan mendengar deburan ombak yang keras seolah ingin memecah bebatuan. 
Pantai Munak

Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berada ditempat ini
- Jangan coba-coba selfie atau mengambil sembarangan gambar di lokasi pantai 
-   Pakailah alas kaki yang anti slip ya guys, agar ketika memanjat tebing kaki kita nancep kayak Spiderman 
Bawa makanan yang cukup sebagai bekal diperjalanan
-         -  Ingat pantai ini sebaiknya jangan dijadikan sebagai tempat berenang
-        -   Buanglah sampah pada tempatnya
Selamat liburan...

Comments

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di blog saya

Popular posts from this blog

Masjid Jami Saleh Hambali Perkuat Keislaman di Bengkel

Tiga Spot Camping Seru di Sembalun

Menikmati Serunya Snorkeling di Gili Petelu