Tiga Spot Camping Seru di Sembalun

“Sesuatu tentang fakta yang tidak didasari dengan pengamatan merupakan otoritas yang tidak mendasar” – Filosopi-


Filsafat di atas sangat lekat menjadi bagian dalam hidup saya. Selain lekat dalam kehidupan bersosial, penting juga menjadi salah satu kalimat manis dalam menikmati sebuah perjalanan. Apalagi bagi pari penulis, ini penting supaya apa yang ingin disampaikan dan dibagi sesuai dengan  pengalaman yang pernah dilewatkan.


Oleh karena itu,  saya ingin memberikan informasi yang keren buat para pecinta pegunungan, lembah atau ngarai. Pulau yang tidak akan pernah habis ceritanya tentang keindahan baik pantai, air terjun maupun wilayah perbukitan dan pegunungannya yakni Lombok menawarkan tempat camping yang seru.


Sembalun adalah salah satu kawasan dataran tinggi yang dikelilingi oleh berbagai kenampakan bumi. Lembah, perbukitan dan pergunungan yang indah akan membuat kalian merasakan sensasi yang menyejukkan. Sensasi sejuk dan dingin di kawasan ini sepertinya penting untuk dinikmati apabila ingin sejenak melupakan hiruk pikuk kehidupan kota dan stress karena anda telah bekerja seharian. Oleh karena itu, ayo kita cari lokasi camping yang seru buat dinikmati di Sembalun ini.


“Jika kamu ingin melihat milky way pada malam hari di Jepang, kita padamkan saja lampu di Jepang ini” -  KOBUTO –


Saya ingat sekali film robot Jepang itu sangat menginspirasi saya untuk bisa melihat milky way. Ketika itu saya membayangkan diri saya berada di suatu desa yang gelap gulita dan tanpa cahaya lampu satupun. Tempat itu bisa saja dipinggir pantai dimana yang ada hanya suara deburan ombak atau mungkin pilihannya adalah di Hutan.

Namun pilihan kita kali ini adalah menikmati taburan bintang yang tidak bisa terhitung itu di tempat tiga tempat kemah kali ini. bisa jadi kalian juga mau bermalam sambil menghitung banyak bintang dilangit. #ups... berikut tempat-tempat camping seru yang ada di Sembalun yang wajib kalian coba sensasinya

1. Timba Gading, Bukit Selong, Sembalun

Credit by Adi
Guys, Timba Gading merupakan dusun yang terletak di desa Bukit Selong. Kalau kalian pernah menonton film “Perempuan sasak Terakhir” Bukit Selong tentu tidak asing buat kalian. Karena lokasi syuting film tersebut di desa ini. Namun, supaya bisa menemukan spot camping ini, kita hanya perlu untuk turun menelusuri kebun bambu yang ada di dusun tersebut.

Kenapa harus Timba Gading?




Timba Gading merupakan salah satu dusun yang di keliling oleh perbukitan dan kebun strawbery, cabai serta kebun tomat yang tentu saja akan membuat suasana malam kita akan semakin terasa alami. 


Sensasi keren yang tidak akan pernah terlupakan adalah pada malam hari saat kamu berdiri di sawah dan memandang langit malam yang berhiasan  bintang-bintang. Kamu juga bisa mengabadikan moment berharga itu tentu saja. Menyalakan api unggun adalah hal yang wajib untuk membuat suasana hangat bisa dirasakan. 

Api unggun ini juga akan membantu banget saat mau mengambil foto pada malam hari. Selain malam, pagi hari kamu bisa merasakan sejuknya udara pagi dengan hamparan perkebunan yang diselimuti oleh embun sebelum matahari terbit. 


Masalah air, kalian tidak perlu khawatir. Karena di spot camping ini terdapat aliran air yang jernih dan bisa digunakan untuk berwudhu.


2.      Nauli Bungalow, Sembalun
 
Ini spot land Nauli Bungalow guys. pict : private collection
Loh kok bungalow? Tenang guys, saya tidak meminta kamu untuk meyewa kamar buat bisa menikmati sembalun malam hari. Tetapi, di Nauli Bungalow ini juga punya area camping yang seru. Emang boleh? Boleh dong, bahkan pemilik Nauli bakal senang loh kalian camping disini. Buat kalian yang pengen bermalam di Nauli Bungalow juga bisa banget.

Camping disini tepat di kaki gunung rinjani, pada saat matahari terbit kalian akan langsung ditantang oleh angkuhnya Gunung Rinjani. Kebayang kan serunya?

Kalau minat boleh deh langsung hubungi yang punya Bungalow ya +6285934555953

3. Bukit Pegarsingan, Sembalun
 
Kalau di Nauli kalian akan ditantang oleh angkuhnya Gunung Rinjani, kalau di bukit ini kalian akan terpesona dengan anggunnya gunung Rinjani, lembah di Sembalun dan rumah penduduk Sembalun yang terlihat seperti kotak-kotak yang nampak tertata rapi.

Spot Pegarsingan Hill camping. Pict: Private Collection
Bukit dengan tinggi kira-kira 1.700 mdpl dan tentu saja suhu udara lebih dingin dibanding dengan suhu yang ada di Timba gading dan Nauli. Berada di sini seperti berdiri di negeri awan, karena ketika partikel-partikel udara mulai membentuk koloni beriiringan terlihat sangat indah dan terasa kaki berada di Nirwana.


Di sini ada tiga spot camping, titik ujung bukit, tengah dan paling atas bukit. Saat matahari mulai ingin menampakkan diri pagi hari, jika tidak tertutup awan maka pendar sinarnya mencumbu Rinjani dengan manja. 

"Lalu Nikmat Tuhan Yang Manakah Yang Kamu Dustakan" Ar-Rahman

Jangan lupa sampahnya dibersihkan ya guys
Tapi, sesuatu yang klasik sering terjadi di sini yakni, sampah. Para campier maupun tracker yang mau menjelajah bukit ini diminta untuk membawa oleh-oleh sampahnya. Para porter dan pemuda peduli sembalun pun telah memberikan bekal kepada mereka berupa plastik.mereka diminta membawa oleh-oleh setelah menikmati serunya camping di mini gunung Rinjani tersebut. Jaga alam kita supaya tetap lestari ya guys.

Lalu, spot yang mana menjadi pilihan camping kalian guys?



Hal-hal kecil perlu kalian siapkan pada saat camping di Sembalun.

-          Bawa banyak persedian makanan dan air

-          Head light

-          Jaket tebal

-          Kantong plastik sampah

-          Power bank

-          Rain coat

-          Mental dan fisik yang kuat

Comments

  1. Tulisan yang bagus ciri khas pemuda kekinian dengan sejuta impian dan harapan. Semoga segera menikah! :p

    ReplyDelete
  2. Tulisanmu smkin bgus gus.. mari ttp menulis :)

    ReplyDelete
  3. ditunggu tulisan2 berikutnya yang lebih bernas dan komunikatif

    ReplyDelete
  4. Namun sayang ada sepenggal kalimat yang bernada marketing dan iklan terselubung "Kalau minat boleh deh langsung hubungi yang punya Bungalow ya +6285934555953"... Jamak-jamak....

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di blog saya

Popular posts from this blog

Masjid Jami Saleh Hambali Perkuat Keislaman di Bengkel

Menikmati Serunya Snorkeling di Gili Petelu