Buat Kamu Yang Ingin Belajar ke India, Program ITEC Patut Kamu Coba

Sebenarnya saya bingung mau memulai tulisan ini darimana. Tetapi, saya ingin sekali bercerita banyak hal tentang semua perjalanan saya selama di India. Baik buruknya, bagian senang bahagianya dan suka dukanya. Namun, rasanya tidak elok jika saya tidak bercerita, kenapa saya sampai bisa menginjakkan kaki di negeri rempah-rempah ini.

Berawal dari sebuah website ini ITEC dimana pada suatu sore yang cerah saya iseng untuk mengklik seperti yang mungkin kalian akan lakukan sekarang. Indian Technical and Economic Cooperation (ITEC) Program merupakan salah satu program beasiswa belajar singkat yang ditawarkan oleh pemerintah India di bawah Ministry of External Affairs, Government India untuk para pemula dan profesional dalam bidang pekerjaan yang saat ini sedang digeluti. Terdapat puluhan program yang salah satunya bisa kalian pilih sesuai dengan bidang pekerjaan. Supaya lebih jelasnya bisa langsung klik di sini.

Kemudian perasaan saya mulai mempengaruhi diri saya. Seolah berbisik untuk membuka setiap labels yang tertera pada laman website tersebut. Jari manisku dengan ringan dibawa untuk memasuki laman apply. Saya pun mengikuti apa yang hati saya ingin lakukan dan saya anggap itu adalah hal yang lumrah terjadi pada seorang pemimpi untuk mengikuti setiap kata hati. Saya kemudian memilih memasuki laman Term and Condition yang tertera pada labels tersebut. Saya membaca dengan sangat teliti dan kemudian membuat saya paham hal-hal penting yang harus saya lakukan selanjutnya. Salah satunya adalah mempersiapkan berkas-berkas seperti, hasil nilai TOEFL ITP dan hasil test MCU (Cek gula darah dan hasil scan paru-paru) dan surat keterangan dokter. Setelah itu, pada hari berikutnya saya kemudian membuka lagi website ITEC India dan masuk pada laman Log In. Hal ini agar bisa dengan mudah untuk melakukan pendaftaran. Program ITEC ini mengunakan sistem pendaftaran secara online untuk kemudian berkas yang sudah didaftarkan tersebut diprint out dan kemudian dikirim ke Kantor Kedutaan India (Medan, Bali atau Jakarta)sesuai dengan kedutaan yang telah dipilih pada saat mendaftar. Oleh karena itu, pada saat mendaftar sebaiknya memilih kedutaan terdekat dengan daerah kalian. Karena, jika terpilih nanti pihak kedutaan mengundang kalian untuk wawancara visa. 

Setelah mendaftar sebagai pemilik akun baru, saya kemudian  masuk pada tampilan laman seperti foto di bawah ini
Ada empat langkah yang harus saya selesaikan, yakni mengisi Personal Details, Eductaion/Personal Detail, Employment Detail dan Medical Details. Tahapan tersebut saya lalui dengan sangat hati-hati.Pada salah satu tahapan itu, saya diminta untuk menulis essay singkat 300 kata terkait bagaimana keterkaitan antara aktifitas saya saat ini dengan program belajar singkat yang saya ambil. Saya sendiri mengambil program ini Rural Development dan fokus pada Information, Communication and Technology for Rural Development and Management Program. Setelah mengisi semua saya diminta untuk menekan tombol submit. Tidak lama setelah itu, secara otomatis ada email masuk yang tertulis sebagai berikut:
Email tersebut merupakan pemberitahuan bahwa kita telah resmi mendaftar program ITEC. Konten emailnya tentu berbeda-beda untuk setiap program. Hal yang sama tentu adalah untuk mengirimkan berkas hard copy dan menghubungi kedutaan India yang telah dipilih pada saat mendaftar. Berkas-berkas yang harus dikirim ke kedutaan India antara lain print out berkas yang telah diisi secara online, foto copy berkas TOEFL ITP, Hasil MCU dan surat keterangan dokter (Rumah Sakit), Surat rekomendasi, foto copy passport dan pas foto. 

Seminggu setelah mengirimkan berkas, pihak kedutaan kembali mengirimkan email seperti di bawah ini
Email pemberitahuan ini cukup memberikan perasaan lega sekaligus sedikit cemas, paling tidak pengorbanan untuk ke Kantor Pos terbayar sudah. Prihal nanti, berkas saya di terima atau tidak, untuk adalah perkara sekian. Sambil menunggu email selanjutnya, saya fokus untuk bekerja dan melakukan kegiatan seperti biasanya. 

Setelah satu bulan lebih berkas saya dalam proses, pada tanggal 3 Juli 2017 saya menerima email bahwa aplikasi saya telah diterima. Email tersebut tertulis sebagai berikut
Seminggu setelah menerima email ini, dari pihak kedutaan India, Jakarta mengundang saya untuk wawancara Visa. Sebelumnya, pihak kedutaan meminta saya untuk mengirim scan passport terbaru lewat email. Pada saat wawancara visa, tiket pesawatdan tempat tinggal tidak diakomadasi oleh pihak kedutaan. Oleh karena itu, sebaiknya saat mendaftar sebaiknya memilih kedutaan di daerah terdekat. Visa saya jadi dua hari setelah wawancara berlangsung.

Empat hari setelah mengurus visa, pihak kedutaan India mengirmkan tiket pesawat dari Jakarta ke India. Tepat pada tanggal 25 Juli 2017 saya berangkat dari Jakarta-Singapore-Chennai, India untuk mengikut short Course selama dua bulan sampai tanggal 21 September 2017 pada program Information Communication and Technology for Rural Development and Management di National Institute Technical Teacher Training and Research (NITTTR), Chennai, India.

Comments

  1. mantap sekali mas. salut. jadi pengen jalan-jalan ke India.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, ayo ikut program ini mas. InsyaAllah bermanfaat banget buat nambah pengetahuan dan list kunjungan

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Hi Irvan, setiap program memiliki interval sendiri-sendiri. Beberapa program ada yang sudah tutup tapi banyak program yang masih dibuka untuk Irvan bisa apply. Silahkan kunjungi website resminya di www.itecgoi.in :)

      Delete

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di blog saya

Popular posts from this blog

Tiga Spot Camping Seru di Sembalun

Masjid Jami Saleh Hambali Perkuat Keislaman di Bengkel

Serpihan Surga Itu Bernama Gili Layar