Tamil Nadu Bukan Hanya Tentang Tollywood, Berikut Tempat Yang Bisa Kamu Explore di Salah Satu Kota di Tamil Nadu, India


Shore Temple
Hari sabtu yang cerah dan seperti biasa Tamil Nadu panasnya tidak pernah berubah. Berada di selatan India Tamil Nadu merupakan salah satu state di India yang terkenal dengan sikap ramah dan hangat kepada orang asing. Selain itu, daerah yang terkenal dengan sebutan Tollywood untuk produksi perfilman nya ini diketahui masih kental dengan budaya dan adatnya. Berbahasa asli tamil, Tamil Nadu memiliki beberapa tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. Tempat-tempat tersebut juga pernah dijadikan sebagai salah satu tempat syuting beberapa film box office Bollywood dan tidak sedikit oleh film Tollywood tentu saja. Chennai sebagai pusat kota Tamil Nadu adalah tempat yang begitu nyaman untuk dikunjungi. Chennai yang dulu bernama Madras ini mencatat sejarah panjang mengenai para peniliti dan peraih nobel di dunia.

Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk menikmati Tamil Nadu, perjalanan awalku saat berada di Chennai adalah mengunjungi Mamallapuram. Terkenal dengan nama Mahabaliphuram, tempat ini terletak 55 KM dari Chennai, Tamil Nadu, India. Aku menghabiskan waktu selama tiga jam perjalanan mengunakan bus. Setelah sampai di pemberhentian bus, kemudian melanjutkan perjalanan 2 KM menuju tempat wisata yang aku mau kunjungi. Aku memilih berjalan kaki dari pemberhentian di samping mengunakan auto (bajaj). Karena menurutku dengan berjalan kaki, akan lebih bisa mengenal kehidupan sosial sekitar tempat yang dikunjungi. Perjalanan yang aku pilihpun membawaku untuk mengenal berbagai macam hal, melihat budaya yang berbeda lebih dekat dan memahami latar belakang dari kehidupan sosial suatu kelompok. Hal tersebut tergambar jelas dari apa yang aku temukan sebelum menginjak kaki di tempat tujuanku. Berikut adalah tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Mahabaliphuram yang merupakan salah satu tempat wisata terintigritas di India.

1. Arjuna’s Penance

Arjuna's Penance
Arjuna’s penance merupakan the world’s largest bas-relief di dunia (27m x 9 m). di pahat dengan sangat detail pada bebatuan besar dengan mengambarkan figure para tuhan, manusia setengah dewa, manusia biasa, binatang buas dan burung begitu mempesona. Pahatan ini di persembahkan oleh Mahendravarma I.

Arjuna’s Penance berada diantara beberapa kuil yang dibuat dalam bentuk gua diantaranya adalah Konirimapada, Mahishasuramardhini cave, Varahamandapa, Adi-varahamandapa, Trimurthi Cave dan Krisnamandapa.

2. Mahishasuramardhini Cave

Mahishasuramardhini cave
Masih membahas tentang gua batu yang telah dipahat menjadi sebuah kuil mungil nan cantik di Mahabaliphuram. Selain itu, terdapat relief yang begitu menakjubkan dengan detail indah dan bergaya seni tinggi. Mahishasuramardhini cave ini sendiri mengambarkan tentang pada suatu sisi terdapat para dewi yang sedang berkelahi melawan seorang iblis dan di sisi lain ada dewa Vishnu yang sedang berbaring untuk memisahkan perperangan tersebut.

3. Krishna’s butter ball or Balancing Rock

Balancing Rock
Setelah asyik menikmati keindahan hasil pahatan karya seni bernilai tinggi, kemudian aku menuju Balancing Rock. Batu besar yang terletak pada kemiringan kira-kira 27 derajat ini kokoh dan tak enggan untuk berpindah. Konon para raja Pallava telah mencoba memindahkan batu tersebut dengan mengunakan kekuatan para gajah mereka. Namun, satu inch pun batu ini tak bergeser dari tempatnya.

 4. Shore temple
Shore Temple
Shore temple merupakan salah satu candi tertua di India Selatan. Berdiri di pinggir pantai dan dikelilingi oleh ukiran sapi jantan pada bebatuan yang ada di sekitar candi. Candi ini dibangun oleh Rajasimha pada abad ke tujuh. Candi ini dibangun dengan gaya Dravidian dan di didikasikan pertama untuk dewa Vishnu dan kedua untuk dewa Shiva. Di pintu depan terdapat patung dewa Vishnu dan setiap pengunjung khususnya yang beragama hindu melakukan pemujaan di dalam ruangan yang berukiran kurang dari satu meter. Sedanngkan pintu lainnya berdahapan langsung dengan pantai namun pintu tersebut tidak dibuka untuk umum.

Mahabaliphuram begitu mempesona dan menakjubkan. Mengambarkan keagungan seni tingkat tinggi khusunya dalam bidan seni memahat. Detail relief yang indah dan bermakna keagungan dari sebuah kepercayaan terhadap tuhan menambah keistimewaan dari setiap sudut tempat ini. Tempat ini sekaligus memberikan gambaran bahwa india memang memiliki keprcayaan yang kuat mengenai dewi dan dewi yang selama ini mereka yakini. di sisi lain, india memang negara yang begitu serius agar perkembangan pariwisatanya semakin meningkat. Terbukti, di setiap tempat wisata keamanan dan kenyaman adalah hal yang utama bagi mereka.

Berikut beberapa tips perjalanan buat kamu yang mau berjalan-jalan ke tempat ini 
  • Tiket bus full day dari Chennai Bus Pool seharga 50 rupee dan 30 rupee jika kamu beli langsung di bus menuju mahabaliphuram. Tiket ini berlaku hanya untuk one way ticket.
  • Tidak membutuhkan tiket untuk masuk ke cave
  • Harga Tiket masuk shore temple untuk pelancong dari luar negeri 500 rupee, sedangkan untuk lokal 50 rupee. Extra cost 25 rupee bagi kamu yang bawa kamera DSLR.


Comments

  1. keren bang, semoga ada rezeki to see the other side of the world

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di blog saya

Popular posts from this blog

Tiga Spot Camping Seru di Sembalun

Masjid Jami Saleh Hambali Perkuat Keislaman di Bengkel

Serpihan Surga Itu Bernama Gili Layar