ITEC India: Selamat Datang di Chennai, Tamil Nadu

Jakarta, 25 Juli

Pagi itu sangat bersahaja dan begitu ramah. Alarm di handphone cukup membantu memberikan peringatan agar segera untuk bersiap-siap. Pesawatku terbang pada pukul 5.25 pagi sekali. Bahkan matahari pagi masih enggan untuk beranjak. Temanku sudah siap satu jam sebelumnya. Pagi saat itu terasa ramah karena dia begitu baik untuk membantu tempat tinggal dan antar jemput ke bandara. Ketika semua telah beres, kami pun langsung berangkat. Penerbanganku bersama seorang teman dari salah satu kota di Jawa Tengah, dia adalah seorang dosen di salah satu Universitas Negeri terkenal di sana. tercantum di email, bahwa penerbanganku bersama dia. Pada tiket tercantum rute penerbangan Jakarta-Singapore-India.

Singapore, 25 Juli
Pukul 09.00

Pesawat yang kami tumpangi akhirnya sampai di Singapore. Perjalanan selama tiga jam cukup membuat kesan yang menarik bagi kami. Pesawat yang kami tumpangi begitu nyaman. Kami di Singapore transit selama satu jam. Pada pukul 10.30 kami melanjutkan penerbangan menuju India. Tujuan kami ke India adalah untuk mengikuti short course di salah satu state di India, Tamil Nadu. Lebih jelasnya mengenai program short course Klik di sini

Chennai, India, 25 Juli

Tepat pada pukul 12.00 pesawat yang aku tumpangi mendarat di Chennai International Airport. Chennai adalah tempatku menimba ilmu selama di India. Chennai merupakan ibu kota dari Tamil Nadu, sebelumnya kota ini bernama Madras. Aku disambut dengan suhu udara 34 derajat celcius pertama kali menginjakkan kaki di kota ini. Panas memang, karena pada interval waktu Juni-Agustus Tamil Nadu dalam situasi musim panas. Tetapi dengan keramahan orang tamil, suasana terasa adem. Tamil Nadu terletak di selatan India, lokasi ini membuat state ini cuacanya panas. Setelah mendapatkan barang bawaan, akupun kemudian bergegas untuk keluar dari bandara dan menunggu pihak kampus membawa ke penginapan. Setelah menunggu selama 30 menit,  selanjtnya langsung meninggalkan bandara. Sepanjang perjalanan, lewat jendela kendaraan yang aku tumpangi, tanpa jeda terus memperhatikan jalanan kota Chennai. Suara klakson mobil, traffic dan sapi dimana-mana solah-olah menjadi bagian dari penyambutan kedatangan di daerah yang disebut Tellywood ini. Bangunan-bangunan perkantoran, perumahan dan pusat-pusat perbelanjaan yang terintegrasi menjulang tinggi, meyakinkan penilaianku bahwa kota ini adalah kota yang maju.

NITTTR, Chennai 26 Juli

Teman-teman sudah mulai berkumpul di Lobby Guest House. Mereka berasal dari negara Afganistan, Sudan, South Sudan, Zimbabwe, Nepal, Bhutan, Nigeria, Ivory Coast, Tanzania, Ethiopia, Kazakhstan, Mesir dan Mali. Sebanyak 30 participants dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda dan program short course yang beda pula. Tahun ini ada tiga jenis program yang ditempatkan di NITTR, Chennai, yakni Media E-Learning and Teaching  Production,Women Empowerment and ICT for Rural Development and Management.  Mereka semua telah berpangalaman dan rata-rata bekerja di kementerian di negaranya. Kami berkumpul untuk menghadiri acara Inauguration for overseas Participants yang telah di siapkan oleh pihak Kampus dan kementerian India. Acara ini juga merupakan rangakain untuk saling mengenal sesama participants dan memperkenalkan negara masig-masing. Acaranya juga meresmikan bahwa kami telah menjadi bagian dari NITTTR dan program ITEC tahun 2017.



Comments

Popular posts from this blog

Tiga Spot Camping Seru di Sembalun

Masjid Jami Saleh Hambali Perkuat Keislaman di Bengkel

Serpihan Surga Itu Bernama Gili Layar